contact

foxyform

Minggu, 27 Agustus 2017

Tips Belajar Cepat Tanggap di Otak

Tips Belajar agar Cepat Masuk di Otak Anak


Setiap anak pasti memiliki daya tangkap terhadap materi pelajaran yang berbeda-beda,meskipun dengan waktu yang sama namun pemahaman mereka terhadap pelajaran itu sendiri pasti berbeda-beda.
Berikut tips jitu agar belajar cepat masuk di otak anak:

1. Refresh your mind
Otak yang fresh adalah yang paling utama ibarat sholat tidak akan diterima tanpa wudhu. Sama halnya dengan ilmu yang tidak akan masuk tanpa otak yang fresh, karena biasanya jika otak kita jenuh pelajaran akan terasa sulit untuk dicerna, bukan? Maka,usahakan agar anak tetap semangat agar belajar cepat masuk di otak anak,dengan cara tidak melibatkan permasalahan dalam keluarga atau permasalahan lain yang dapat mengganggu pikirannya,atau dengan cara memenuhi apa permintaan sang anak (hal positive).


2. Step by step
hindari sks (sistem kebut semalam.Karena apa? belajar mendadak bukanlah cara yang efektif ibarat botol air yang akan tumpah jika diisi dengan air sekaligus. Beda halnya jika diisi sedikit demi sedikt maka airnya akan memasuki botol dengan mudahnya. Artinya, belajar sekaligus akan mudah lupa tapi jika belajarnya sedikit demi sedikit akan selalu tersimpan dalam memori kita.Maka peran orangtua dalam menuntun anak untuk selalu mengerjakan PR dan mengkaji ulang pelajaran ada hal penting dalam mengasah otak anak agar belajar cepat masuk di otak anak.



 3. Understanding the lessons
Belajar itu memahami bukan sekedar menghafal dan menjawab soal-soal latihan. Yups, itu benar karena fungsi pertama belajar adalah untuk memahami hal-hal baru. Kita boleh hafal 100%,temani anak saat belajar agar ia tidak salah dalam memahami materi pelajarannya.

4. Making note and conclusion
Belajar yang efektif adalah dengan cara membaca ulang kembali pelajaran yang telah kita pelajari.Ajari anak untuk dapat merangkum pelajaran/menyimpulkan dari pelajaran yang telah dipelajari. Logikanya, jika anak mampu merangkum pelajaran berarti ia telah memahami materi, dan jika ia telah memahami materi berarti ia telah mendapat poin dari setiap materi. Dengan itu, materi pelajaran akan mudah tersimpan di otak anak dan  cepat tanggap apalagi anak masih punya banyak waktu untuk belajar.

5. Choosing ideal time for study
Pilihlah waktu yang tepat yang dapat mempermudah kita dalam memahami materi. Karena waktu dan suasana tempat sangat mendukung proses belajar kita.Usahakan orangtua selalu menemani dalam proses belajarnya ketika berada dirumah.

7. Consistence
Usahakan untuk selalu menyediakan waktu belajar untuk anak dengan cara membuat time table. Sebisa mungkin jadwal yang telah kita buat untuknya harus dilakukan dengan istiqomah. Walau sulit tapi inilah tugas kita sebagai orangtua yaitu menjadikan waktu belajar adalah kebiasaan rutin sehari-hari.Perlu diketahui: otak akan lebih cerdas jika selalu digunakan untuk belajar.Jadi para orangtua jangan pernah bosan untuk memperhatikan waktu belajar buat anak sejak dini.

Tips belajar yang rutin dilakukan dan efektif,akan mengasah kecerdasaran pada anak dengan didukung pendidikan formal yang berkualitas namun tetap dalam pantauan orang tua.Anda akan temukan solusinya disini: www.pridehomeschooling.com

0 komentar:

Posting Komentar