contact

foxyform

Rabu, 05 Desember 2018

Teknik Dasar Public Speaking

8 Tips Public Speaking Untuk Pemula

Banyak orang-orang yang menggangap kalau berbicara di depan umum itu mudah dan sering kali mereka mengejek jika ada orang yang salah berbicara didepan umum, sedangkan mereka sendiri belum tentu bisa berbicara dengan baik dindepan umum, public speaking walaupun terlihat sangat mudah dan sepele karna hanya perlu berbica didepan orang dan memberikan tips-tips dari sebuah masalah tetapi buktinya hal ini sangat sulit untuk dilakukan terutama untuk seorang pemula.

1.Kuasai Materi

Saat akan berbicara didepan umum pastikan anda menguasai materi yang akan dibahas, banyak sekali orang-orang yang gagal saat public speaking karna kurang menguasai materi yang akan dibicarakan biasanya mereka yang gagal ini karna terlalu menyepelekan materi yang diberikan sehingga mereka malas untuk belajar jadi saat akan public speaking menguasai materi adalah hal yang paling dasar jika anda tidak mengusai materi itu sama saja dengan mempermalukan diri sendiri.

2. Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami
                                      csit.merospark.com
 
Menggunakan bahasa yang mudah dipahami tidak hanya berguna untuk sang pembicara tetapi juga untuk pendengar, banyak sekali orang yang menggunakan bahasa-bahasa yang sulit untuk dipahami sehinggaa para pendengar dapat mengerti dengan baik apa yang dikatakan oleh si pemateri.

3. Berlatih Berbicara Di Depan Cermin

                                           www.shoutmeloud.com
 
Agar dapat memberikan penampilan dengan baik saat berbicara di depan umum kita harus latihan berbicara dulu, cara yang paling efektif adalah berlatih berbicara di depan cermin dengan melihat diri sendiri saat berbicara maka kita akan tau dimana kesalahan-kesalahan kita saat berbicara cara ini juga bisa membuat percaya diri kita lebih tinggi.

4. Berbicaralah Dengan Orang Lain

                                        jmurraycqu.wordpress.com

Saat Akan Tampil banyak sekali orang yang yang gagap atau tidak bisa berbicara dengan baik saat berbicara di depan umum itu karena rasa gugup yang dia alami, tapi cara ini dapat di antisipasi dengan cara berbicara terlebih dahulu dengan seseorang di dekat kita, karna hal ini dapat membuat anda terbiasa untuk berbicara dan menghilangkan rasa gugup anda saat akan tampil.

5. Senam Bibir

Agar dapat berbica dengan baik terlebih dahulu lebih baik melakukan senam bibir agar mulut kita terbiasa saat berbicara dan tidak gagap. Senam bibir ini seperti memanyungkan bibir ke atas, kebawah,kekiri dan kekanan, juga dengan cara mengucapkan A,I,U,E,O juga merupakan salah satu senam bibir.

                                          www.thebrunettediaries.com
 
6. Gunakan Seni Berbicara

Saat berbicara kita juga harus tau dimana tempo kita untuk berbicara santai, cepat, lembut, keras, dan berhenti sejenak. Karna public speaking juga membutuhkan seni berbicara, jika seorang pembicara hanya menggunakan tempo yang datar itu akan membuat para pendengar menjadi bosan dan materi yang diberikan menjadi tidak menarik.

7.Gunakanlah Bahasa Tubuh Saat Berbicara

Saat berbicara di depan umum Kita juga harus menggunakan bahasa tubuh, karna jika kita hanya berbicara dan tidak menggunakan bahasa tubuh, materi yang kita berikan akan akan terdengar garing/basi untuk para pendengar, menggerakkan tubuh juga dapat membuat kita lebih rileks dan rasa gugup kita bisa sedikit menghilang, menggunakan bahasa tubuh juga memberikan kesan kepada pendengar jika anda tidak hanya menghafal materi yang ingin diberikan tetapi juga memahami nya dengan baik.

8. Percaya Diri Dan Terus Senyum

                                               http://www.steveseay.com/
 
Yang paling utama saat berbicara di depan umum adalah memiliki percaya diri yang tinggi, jika anda sudah menguasai tips-tips yang di atas semuanya akan sia-sia saja jika anda tidak memiliki percaya diri. Jika anda sudah memiliki percaya diri anda akan dapat menguasai panggung. Saat berbica di depan umum sering sekali pembicara lupa materi yang ingin disampaikan tetapi janganbpernah menunjukan ekspresi muka cemas atau gelisah, berhentilah sejenak dan senyumlah dan berikan kesan bahwa tidak ada masalah apa-apa setelah itu teruslah berbicara walaupun yang anda bicarakan itu tidak sesuai dengan materi awal yang ingin dibicarakan.

0 komentar:

Posting Komentar