contact

foxyform

Kamis, 05 Oktober 2017

Meningkatkan Daya Fokus dan Kepintaran Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan dengan senam otak

Tips 5 Gerakan Senam Otak – Meningkatkan Daya Fokus dan Kepintaran – Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan

Tips 5 gerakan senam otak meningkatkan daya fokus dan Kepintaran menyeimbangkan otak kiri dan kanan 

Tidak hanya tubuh dan Fisik saja yang memerlukan senam sebagai bentuk olahraga pembentuk badan ideal dan kebugaran, Otak dan Pikiran ternyata ada senam nya.
Senam otak yang akan di sharing kali ini adalah bentuk senam yang dikhusus kan untuk meningkatkan Daya Fokus dan konsentrasi serta menyeimbangkan Kekuatan Otak kiri dan Otak kanan yang harmoni.
- Kemampuan fokus diperlukan untuk memecahkan masalah/persoalan seperti halnya Surya-Kanta mampu membakar kertas karana memfokuskan cahaya matahari pada satu titik.
- Kemampuan konsentrasi diperlukan untuk menjaga pikiran tetap pada jalurnya saat mempelajari sesuatu dan tidak mudah terpengaruh/terpecah oleh keadaan lain.
Saat anak sekolah belajar maupun menyelesaikan soal / tugas, maka daya fokus dan konsentrasi akan menjadikan belajar mereka lebih efektif dan effisien, lebih cepat menguasai, lebih mudah memecahkan masalah,hingga finalnya disebut sebagai Anak / Orang pintar.

Berikut 5 Dasar Gerakan Senam Otak yang dapat dipraktekkan setiap saat :
1. Dua tangan didepan dada,
tempelkan ujung 5 jari kanan dengan ujung 5 jari kiri (kedua telapak tangan  dijauhkan / tidak menempel), mulailah dengan memutar kedepan bersamaan - jempol kanan dan jempol kiri seperti halnya gerakan mengayuh sepeda, setelah itu putar ke arah sebaliknya. Lanjutkan dengan putaran pada jari-jari lain secara berurutan, lakukan semakin cepat.
2. Dua tangan di depan dada
Tangan kiri telapak membuka (jari-jari keatas), tangan kanan membentuk pistol (ibu jari keatas dan jari tunjuk menunjuk kearah telapak tangan kiri)
Lakukan gerakan jari tunjuk di sentuhkan ke telapak tangan kiri, lalu dilanjutkan dengan pergantian tangan kiri sebagai pistol dan tangan kanan sebagai target tembak, sentuhkan ujung telunjuk kiri tersebut ke telapak kanan, begitu seterusnya usahakan semakin cepat.

3. Telapak tangan kanan diatas kepala, telapak tangan kiri menempel di perut
Gerakkan telapak kanan menepuk-tepuk rambut / naik turun, bersamaan dengan itu gerakkan telapak tangan kiri berputar-putar dengan tetap menempel pada perut.
Setelah beberapa saat … rubahlah menjadi sebaliknya, telapak kiri yang menepuk-tepuk rambut dan telapak kanan yang berputar di perut.
pergantian tugas kedua tangan tersebut supaya berjalan dengan tepat dan usahakan semakin cepat gerakannya.
Selanjutnya gerakan dibawah ini biasanya jadi mainan waktu kecil, ternyata termasuk melatih otak …
4. Duduk dengan kedua tangan masing-masing di atas paha,
- Tangan kanan mengepal lalu gerakkan naik turun memukul-mukul pada paha kanan.
- Tangan kiri telapak menghadap bawah, gerakkan maju mundur diatas paha kiri.
Gerakan kedua tangan harus bersamaan, setelah berapa saat, sekarang rubah gerakan tersebut menjadi sebaliknya, dimana tangan kiri yang memukul2 dan tangan kanan yang maju mundur.
Memang sulit saat pertama mencoba perpindahan gerakan sehingga menjadi amburadul, namun seiring beberapa kali latihan maka pergantian tugas kedua tangan tersebut akhirnya dapat berjalan dengan tepat dan semakin cepat.
Terakhir dibawah ini gerakan paling sulit …
5. Kedua tangan di depan dada
Masing-masing jari telunjuk menunjuk kedepan, lakukan gerakan tangan kanan berputar membentuk lingkaran, dan tangan kiri berputar membentuk Kotak.
Setelah beberapa saat, lanjutkan pergantian tugas … tangan kiri yang berputar lingkaran dan tangan kanan yang berputar secara kotak.
Siip .. sekarang 5 pelajaran senam otak telah dikuasai ??
Mungkin sulit awalnya, tapi berangsur semakin bisa setelah beberapa kali latihan,
Lakukan setiap pagi atau malam, awalnya bisa setiap hari, kalau sudah lancar dan semakin cepat, cukup lakukan setidaknya 2x seminggu seperti halnya olahraga fisik lainnya.
Senam ini bisa diterapkan untuk segala umur, bahkan diterapkan pula dalam Terapi Anak Autis agar mereka dapat mengolah daya fokus dan konsentrasi, menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan kanan …

Demikian sharing Senam Otak. Semoga Bermanfaat …

0 komentar:

Posting Komentar