contact

foxyform

Senin, 09 Oktober 2017

Inilah solusi dari segala permasalahan orangtua yang takut dengan Homeschooling

Beberapa keluarga tak memilih homeschooling sebagai alternatif pembelajaran bagi anak karena kekhawatiran-kekhawatiran yang kerapkali jadi perbincangan. Kiprah homeschooling bahkan menimbulkan beberapa polemik.


Pertama, ijazah. Walaupun sistem homeschooling sudah teruji, namun pada praktiknya masih banyak orang tua yang takut kalau-kalau anaknya menjalani homeschooling, hidup mereka di masa depan tak mendapatkan pengakuan dari masyarakat sekitar.

Nyatanya pendidikan homeschooling berada di bawah payung hukum yang kuat yakni UU. No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Dalam UU tersebut dikatakan bahwa pemerintah mengakui keberadaan tiga jalur pendidikan yang terdiri dari jalur pendidikan formal (sekolah), nonformal (kursus, pendidikan kesetaraan), dan informal (pendidikan oleh keluarga dan lingkungan). Nah, pada poin ini homeschooling masuk kategori jalur informal. Jadi, soal legalitas tak perlu lagi dirisaukan.

Ketakutan yang kedua yakni pembagian waktu. Sadar bahwa homeschooling merupakan alternatif pendidikan mandiri, sedangkan bagi orang tua yang keduanya bekerja, hal ini akan dirasa sulit sekali sehingga mereka lebih mempercayai dan mengambil jalur pendidikan formal atau homeschooling yang terorganisir. Akan tetapi sekrang homeschooling hadir dengan beberapa metode pembelajaran selain dari pada visiting ada juga komunitas (anak2 belajar bersama teman2 nya dalam suatu ruang) dll.

Pict_3_11_W_Ketakutan_Orang_Tua_kepada_Homeschooling.jpgKetiga antisosial. Orang tua takut sekali jika menjalani homeschooling, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang antisosial dan memiliki masalah dalam bergaul dan beradaptasi dengan orang-orang sekitarnya. Padahal solusi untuk itu mudah saja.

Cukup libatkan anak bergaul dengan teman sebayanya lewat klub seperti taekwondo, renang, tari, lukis, tenis, sepakbola, dan parkour (latihan gerak asal Prancis). Mereka akan tetap bisa bersosialisasi dengan teman-temannya kok.
Nah, jika di setiap ketakutan dan kekhawatiran ada solusi, rasanya homeschooling bukanlah jadi momok yang menakutkan lagi sebagai alternatif pendidikan.Jangan takut memasukan anak ke homeschooling, karena disetiap masalah yang dikeluhkan selalu ada solusi yang ditawarkan oleh homeschooling.Ayo bergabung bersama kami di Pride Homeschooling : www.pridehomeschooling.com


0 komentar:

Posting Komentar