contact

foxyform

Selasa, 12 September 2017

Faktor yang Menentukan Bakat yang Dimiliki Seseorang

Faktor yang Menentukan Bakat yang Dimiliki Seseorang

 
Untuk pengembangan keberbakatan yang optimal juga diperlukan rangsangan dan pembinaan dari lingkungan sosial.

Keberbakatan muncul dari interaksi antara faktor pribadi dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan meliputi keluarga, sekolah dan teman sebaya.

Berikut ini adalah faktor yang menentukan bakat yang dimiliki seseorang.

1. Kemampuan Mental Khusus
Selain kemampuan atau intelegensi umum yang diperlukan untuk semua aktivitas sosial, diperlukan pula kemampuan mental khusus. Kemampuan mental khusus yang superior merupakan dasar dari macam-macam jenis kemampuan tinggi atau talenta.

2. Komponen Genetik
Komponen genetik (hereditas) dengan proporsi yang berbeda-beda, setiap anak pasti memiliki sesuatu yang menurun dari orang tua mereka seperti contonya bakat. Kemungkinan besar yang dapat terjadi jika orang tua memiliki suatu kemampuan atau bakat tertentu maka kemampuan tersebut akan menurun kepada anak-anak mereka.

3. Interaksi dengan Faktor Lingkungan Keluarga, Sekolah, Kelompok Sebaya
Saat seseorang berinteraksi dengan lingkungannya seperti melakukan sesuatu di lingkungannya tersebut, ia bisa menemukan sesuatu yang mungkin saja tanpa ia sadari adalah bakat yang selama ini telah ia miliki tetapi tidak pernah ia sadari. Contohnya saat seorang anak senang bermain basket bersama teman-temannya, tanpa ia sadari ia mahir dalam olah raga basket tersebut dan itu menjadi bakat dan kelebihannya.


Sumber referensi: https://rielalaring.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar